Contoh Daftar Pustaka

134 Likes comments off

Dalam setiap buku sudah tidak asing kita jumpai adanya daftar pustaka, bahkan di setiap buku baik skripsi, makalah, artikel, dan lainnya. Kita bisa menjumpainya pada bagian belakang buku tersebut, daftar pustaka ini memiliki tujuan tertentu.

Pada dasarnya adanya daftar pustaka bertujuan untuk memberikan nilai karakteristik khas karya tulisan, rujukan, kepuasan batin penulis atau penerbit dll, memberitahu tempat penerbit, memberikan pembaca kepercayaan diri, menumbuhkan minat pembaca untuk mencari referensi materi bacaan atau ilmu pengetahuan yang masih berhubungan dengan karya tulis tersebut.

Masing masing karya ilmiah tentu saja memiliki daftar pustaka baik itu buku, jurnal, skripsi dan lainnya sebagai bentuk rujukan dan acuan atau kutipan. Mencantumkan daftar pustaka adalah salah satu hal yang penting dilakukan dalam setiap karya ilmiah.

Mengingat pentingnya cantuman daftar pustaka ini tentu terkait dengan pada hak cipta dan referensi yang digunakan dari kutipan orang lain. Jangan sampai sebuah karya ilmiah dianggap sebagai plagiat tanpa adanya referensi daftar pustaka. Tentu hal ini akan menjadi salah satu pelaggaran dan bisa menyebabkan perselisihan atas pelanggaran tersebut.

Berikut Ini Contoh Daftar Pustaka

Jika membahas daftar pustaka memang tidak akan ada habisnya karena daftar pustaka sendiri memiliki pengertian, fungsi, tujuan, cara penulisan dll. Sehingga pada kesempatan ini akan kami bahas berbagai contoh daftar pustaka dari segi penulisaan dan pembuatannya yang tepat antara lain sebagai berikut.

  1. Nama

Contoh daftar pustaka berdasarkan penulisan nama:

  1. Minasa, Ode (Ed.) 1992.

Pemberian singkatan (Ed.). di lakukan jika di buku tersebut referensi yang diambil itu tercantum nama editor.

  1. Sutarji, Sumarno dan Martin Susilo.
    2. Kurniadi, rohim. Doni., dan Evi A

Penulisan nama bisa lebih dari satu di karenakan pengarang atau penulis lebih dari satu orang bisa terdiri dari dua bahkan tiga orang, semua nama pengarang ini di tulis dengan ketentuan nama penulis pertama di balik sedangkan penulis ke dua dan ke tiga tetap sama. Selain itu penambahan kata “dan” juga bisa di tambahkan sebagai kata penghubung.

  1. Kusuma, Mirna dkk.
  2. Sari, Roberto et. all.

Berbeda lagi jika pengarang lebih dari tiga orang penulisannya akan di tambahkan singkatan “dkk” (dan kawan-kawan) bisa juga et all. Namun nama penulis pertama tetap seperti sebelumnya di balik.

  1. Tahun terbit

Bab selanjutnya adalah tahun penerbit, pencantuman tahun terbit cukup mudah bisa dengan menggunakan sumber dari buku yang di gunakan sebagai referensi. Pastikan tahun cetak buku tersebut karena bisa jadi angka yang tertera adalah cetakan kedua, ketiga atau terakhir padahal tertulis cetakan awal.

  1. Judul Buku

Bagian komponen contoh daftar pustaka lainnya yang harus ada adalah judul buku, judul ini dalam penulisannya harus secara lengkap. Sebagai tambahan dalam penulisan judul harus menggunakan font italic (miring).

  1. Kota dan Nama Penerbit

Tahapan terakhir sebagai bagian contoh daftar pustaka adalah penulisan kota dan nama penerbit, dalam mencantumkan kota dan nama penerbit dalam daftar pustaka cukup mudah tinggal mengambil referensi dari yang tertulis pada pencetak buku tersebut. Namun nama kota mesti di dahuukan, kemudian nama penerbit keduanya di batasi dengan pengunaan titik dua (:). Selain itu hal yang perlu di perhatikan lagi ialah penggunaan titik (.) di perlukan pada setiap ururtan sebagai tanda batas, gunakan tanda ini untuk pembatas nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

Berikut ini ada beberapa contoh cara penulisan daftar isi sesuai dengan referensi yang di ambil :

Contoh Daftar Pustaka melalui referensi Sumber Buku :

  • Data Buku:
  • Judul : Kimia SMA 1-3
  • Penulis : Unggul Sudarmo
  • Penerbit : Erlangga
  • Kota Penerbit : Jakarta
  • Tahun Terbit : 2006

Cara Penulisan:

  • Sudarmo, Unggul., 2006. Kimia SMA 1-3, Jakarta, Erlangga.

Contoh Daftar Pustaka melalui referensi Artikel Jurnal :

  • Data Artikel:
  • Judul Jurnal : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Sastra Inggris
  • Judul Artikel : Bahasa Iggris dan Sastra Kota Malang
  • Penulis : Umar Patek
  • Penerbit : Kantor Bahasa Provinsi Malang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Kota Terbit : Malang
  • Tahun Terbit : 2015

Cara Penulisan:

Patek, Umar. 2015. “Bahasa Inggris dan Sastra Kota Malang” dalam Sirok BastraJurnal Kebahasaan dan Sastra Inggris (hlm. 120-130). Malang: Kantor Bahasa Provinsi Malang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Contoh Daftar Pustaka melalui referensi Skripsi

Cara penulisan :

  • 2007. Informasi Tata Ruang. Skripsi. Malang : Universitas Negeri Malang
  • 2015. Komunikasi Antar Masyarakat. Skripsi. Universitas Negeri Surakarta

Contoh Daftar Pustaka melalui Website

Cara penulisan :

  • Abdullah. 2018. Satelit di https://informasi.co.id (di akses 23 Mei).
  • Iqbal fahrozi. 2017. Masa Reformasi-Pengertian, Latar Belakang, Tujuan, Sejarah, Kebijakan di https://www.informasi-politik.com (di akses 11 April).

Contoh daftar Pustaka dari Internet

Contoh Penulisan :

Data Artikel:
Judul : Inikah Dampak penggunaan gaget bagi anak?
Penulis : Iqbal fahrozi
Tanggal Tayang : 30 Agustus 2017
Waktu Akses : 11 Februari 2018, pukul 10.30
URL : http://tekno.liputan6.com/read/009765/inikah-dampak-penggunaan-gaget-bagi-anak

Cara Penulisan:
fahrozi, Iqbal. 2017. “Inikah Dampak penggunaan gaget bagi anak”, http://tekno.liputan6.com/read/009765/inikah-dampak-penggunaan-gaget-bagi-anak, diakses pada 11 Februari 2018, pukul 10.30.

Demikian beberapa cara penulisan yang tepat untuk beberapa contoh daftar pustaka yang di ambil dari berbagai sumber, semoga bisa anda jadikan referensi dalam pembuatan daftar pustaka.

Tata cara penulisan daftar pustaka tentu harus benar benar dipahami dengan benar dan diterapkan dengan baik. Jangan sampai salah langkah dalam mencantumkan sumber dari daftar pustaka tersebut karena jika salah dalam mencantumkan maka hal ini tentu bisa menjadi salah satu bentuk pelanggaran pada sebuah karya.

Pahami dengan benar mengenai aturan aturan untuk membuat daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah yang berlaku untuk penulisan karya ilmiah tersebut. Pastikan untuk membuat daftar pustaka menurut pada aturan aturan yang berlaku. Hindari segala kesalahan dalam membuat daftar pustaka karena hal ini sagat tidak baik dalam pembuatannya.

Nah, sudah paham dengan cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar? Tentu saja dalam hal ini kamu harus benar benar memahami dan mengerti mengenai hal tersebut sehingga dalam pembuatannya daftar pustaka tentu saja akan sesuaia dengan kaidah dan ketentuan yang seharusnya sebagaimana semestinya dalam aturan yang telah ditetapkan untuk pembuatan karya ilmiah, buku dan lainnya.

Struktur untuk membuat daftar pustaka masing masing karya ilmiah memang terdapat sedikit perbedaan mengenai susunannya. Untuk itu ketahui terlebih dahulu mengenai aturan tersebut sehingga daftar pustaka yang kamu buat nantinya akan sesuai dengan yang seharunya. Tidak ada kesalahan dan tidak ada pelanggaran dalam mencantumkan sumber dan mengambil kutipan dari karya orang lain untuk referensi karya yang kita buat.

 

You might like

About the Author: ead taam