Pengertian, Struktur, Dan Contoh Teks Anekdot Lengkap

161 Likes comments off

Teks anekdot merupakan jenis teks yang sering kita jumpai. Menurut pengertiannya, teks anekdot ini menceritakan cerita yang lucu namun sarat akan sindiran. Teks anekdot mempunyai susunan struktur teks tersendiri seperti teks lain pada umumnya. Banyak orang yang suka membaca teks anekdot. Salah satu alasannya karena cerita ini menghibur dan memiliki pesan moral.

Teks anekdot memang selalu memiliki pesan yang penuh makna dalam isinya. Hal ini karena banyak yang membuat tulisan ini dengan tujuan untuk penyampaian pesan namun dalam bentuk sebuah cerita nyeleneh. Jika dikaji dan di telaah tentu saja cerita tersebut memiliki pesan tertentu bagi kondisi kehidupan. Dalam penjelasan kali ini, ada banyak contoh teks anekdot yang bisa kamu ketahui.

Struktur Penulisan Teks Anekdot

Pada dasarnya penulisan teks anekdot ini cukup mudah. Namun tetap saja pembuatannya tidak boleh asal-asalan apalagi sang penulis dituntut untuk menjadi orang yang kreatif untuk bisa menjadikan teksnya bersifat jenaka sekaligus memiliki sisi sindiran. Sindiran tersebut biasanya ditujukan untuk pemerintah atau pihak lain yang ingin diberikan pesan moral.

Teks anekdot memiliki struktur tersendiri yang cukup kompleks dibandingkan dengan jenis teks yang lainnya. Lalu apa saja struktur teks anekdot?

  1. Abstraksi – Bagian pengantar ini berisi penulis yang menyampaikan gambaran dari teks yang akan dibaca sehingga pembaca memiliki gambaran yang jelas dari teks yang dibahas.
  2. Orientasi – Orientasi merupakan bagian yang menggambarkan suasana saat peristiwa itu terjadi yang disampaikan dengan jelas.
  3. Event – Pada bagian event, seluruh peristiwa penting yang berkaitan pada teks ditampilkan. Bagian-bagian yang lucu ada pada struktur event.
  4. Krisis – Krisis merupakan bagian puncak masalah yang terjadi pada teks anekdot. Puncak masalah ini biasanya berupa sesuatu yang akan dijelaskan jalan keluarnya.
  5. Reaksi – Pada bagian ini akan ada tindakan penyelesaian dari tokoh yang ada dalam cerita.
  6. Koda – Koda merupakan jeis perubahan alur cerita secara mendadak yang biasanya berupa usaha untuk menyajikan sensasi humor sehingga hal ini menjadi sesuatu yang tidak terduga bagi para pembaca.
  7. Reorientasi – Pada bagian ini biasanya terdapat penutup cerita teks anekdot yang bervariasi, tergantung dari keinginan penulis.

Contoh Teks Anekdot Tentang Lingkungan

Muka Tong Sampah

Paijo adalah seorang petugas kebersihan yang sangat rajin. Tugas Paijo adalah menyapu pinggiran jalan trotoar. Paijo harus memastikan jika tidak ada sampah yang berserakan di sekitar jalanan. Hari itu, Paijo sedang menyapu trotoar seperti biasanya, namun tiba-tiba ada seseorang yang melemparkan sampah dari dalam mobil ke jalanan, sampah tersebut tepat mengenai muka Paijo.

Kesal karena merasa pekerjaannya dihina, Paijo mengejar mobil tersebut. Paijo akhirnya berhasil membuat mobil tersebut berhenti dan pengendaranya turun dari mobil. Pengendara tersebut merasa kaget ketika melihat Paijo. Paijo langsung marah-marah pada pengendara mobil tersebut. Kemarahan Paijo semakin menjadi-jadi, ia mengatakan jika membuang sampah harus pada tempatnya tidak boleh sembarangan.

Pengendara mobil itupun akhirnya menjelaskan pada Paijo, kalau sebenarnya ia sudah berusaha membuang sampah pada tempatnya. Tadi, sang pengendara juga berusaha membuang sampah pada tong sampah. Begitu melihat ada tong sampah, sang pengendara langsung membuang sampah tersebut. Akan tetapi sayang sekali, sang pengendara salah kira, ia mengira bahwa Paijo adalah tong sampah.

Contoh Teks Anekdot Tentang Kegiatan Di Pasar

Kotak Pensil Mahal

Suatu hari yang cerah, Samson pergi ke pasar untuk membeli kotak pensil. Samson bosan dengan kotak pensilnya yang lama. Ia menginginkan kota pensil yang ada gambar pokemonnya. Maka bergegaslah Samson menuju ke pasar. Sesampainya di pasar, ia langsung mencari penjual kotak pensil.

Samson langsung bertanya pada penjual apakah ada kotak pensil yang bergambar pokemon. Dengan cekatan, penjual kotak pensil menunjukkan dagangannya yang memiliki gambar pokemon. Dengan senang hati Samson memilih kotak pensil yang ingin ia beli. Setelah mendapatkan kotak pensil yang mau dibeli, Samson pun bertanya harga kotak pensil tersebut.

“Berapa harga kotak pensil ini mang?” tanya Samson. Penjual kotak pensil langsung menjawab “Harganya 15.000 saja”. Mendengar jawaban dari penjual kotak pensil itu, tiba-tiba wajah Samson merengut. Ia merasa harga kotak pensil ini sangat mahal karena teman-temannya yang lain telah membeli dengan harga yang lebih murah.

Samson mencoba untuk menawar harga kotak pensil tersebut. “Mang, ini harganya terlalu mahal, teman-teman saya saja kemarin beli disana lebih murah”, kata Samson. Mendengar hal itu, penjual kotak pensil pun hanya bisa pasrah, dan menyuruh Samson menawar. “Ya sudah, silahkan ditawar, maunya adik berapa?”

Mendengar hal tersebut, Samson sangat senang, ia langsung bilang, “Ya sudah mang 18.000 saja ya!”. Samson langsung memberikan uang 18.000 dan pergi membawa kotak pensil pokemonnya. Penjual kotak pensil hanya bisa bingung dan garuk-garuk kepala.

Contoh Teks Anekdot Tentang Orangtua

Apakah Ibu Sudah Pernah Keliling Dunia?

Siang hari, Anton sudah pulang dari sekolah. Tadi di sekolah Anton mendapatkan pelajaran tentang berbagai negara di dunia ini. Tiba-tiba Anton merasa penasaran apakah ibunya sudah pernah berkeliling dunia atau belum. Anton langsung mencari ibunya dan bertanya tentang masalah ini. Ia akhirnya menemukan ibunya sedang tiduran di dalam kamar. Saat itu, ibu Anton memang sangat mengantuk.

Anton pun langsung bertanya pada ibunya, “Bu, ibu apa sudah pernah keliling dunia?”. Ibu pun menjawab “Ya, sudah pernah!”. “Astaga, jadi ibu sudah pernah pergi ke Amerika?”, tanya Anton makin penasaran. Ibu Anton langsung menjawab “Ya, sudah pernah!”. Mendengar jawaban ibunya, Anton semakin semangat bertanya. Ia pun bertanya apakah ibunya itu pernah ke Brazil, Eropa, Bali, Kutub Utara dan berbagai tempat lainnya.

Merasa kesal dengan pertanyaan anaknya yang tidak berkesudahan akhirnya ibu Anton naik pitam. Ia langsung berdiri dan membentak Anton. “Sudah sana pergi, ganti baju dan makan! Semua negara sudah pernah ibu injak, tinggal mulut bawelmu itu saja yang belum pernah ibu injak”, tegas ibu Anton. Mendengar itu, Anton langsung lari keluar kamar ibunya.

Demikian itulah mengenai teks anekdot dan contoh teks anekdot yang mengandung pesan dan makna yang bisa ditelaah untuk kehidupan. Saat ini kamu bisa menemukan banyak teks anekdot di situs situs di internet yang menyampaikan banyak pesan untuk kehidupan.

Membaca teks anekdot kadang sangat lucu dan seru namun dibalik semua itu tentu kamu juga harus bisa menelaah maknanya karena tujuan penulis membuat teks anekdot supaya bisa menyampaikan pesan moral yang tidak membosankan. Dengan penyampaian teks anekdot maka pembaca akan lebih suka menyimaknya sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh penulis akan dengan mudah tersampaikan. Nah, sudah paham mengenai teks anekdot dan contohnya?

You might like

About the Author: ead taam