Pengertian, Tujuan, Struktur, Jenis-Jenis Dan Contoh Essay

40 Likes comments off

Sepanjang sejarahnya, perkembangan bentuk dan macam tulisan semakin meningkat. Salah satunya yaitu teks essay yang tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Secara singkat, essay merupakan bagian karya tulis yang sifatnya subjektif dan merupakan hasil dari pemikiran penulis. Saat ini ada banyak contoh essay yang bisa kita temui apalagi polanya tidak begitu spesifik sehingga mudah dicari.

Pengertian Teks Essay

Essay adalah serangkaian tulisan yang di dalamnya mengandung opini dan mempunyai sifat yang subjektif atau argumentatif. Pandangan-pandangan tersebut harus masuk akal sehingga bisa dipahami dengan baik. Selain itu, argumentasi yang disampaikan dalam teks essay harus didukung oleh fakta sehingga nantinya menjadi tulisan yang fiktif ataupun imajinasi sang penulis.

Tujuan Penulisan Teks Essay

Penulisan teks essay tidak hanya sekedar menulis suatu teks saja tanpa adanya tujuan yang jelas. Ada beberapa tujuan penulisan essay, diantaranya :

  • Meyakinkan pembaca

Tujuan pertama, teks essay bisa meyakinkan pembaca untuk percaya terhadap pendapat penulis mengenai suatu kejadian. Dengan tujuan ini, pendapat yang disampaikan dalam teks essay sebaiknya dilengkapi dengan data-data atau fakta yang menunjang.

  • Menerima pendapat penulis

Dasar tujuan penulisan teks essay yang selanjutnya yaitu agar dapat membuat masyarakat menerima dan persetujuan terhadap sudut pandang penulis mengenai masalah satu isu yang populer.

Struktur Penulisan Teks Essay

Sama halnya seperti beberapa jenis teks yang lain, essay memiliki sejumlah struktur penulisan yang ada di dalamnya. Dalam penulisan essay Bahasa Indonesia yang baik terdapat tiga macam struktur yang sangat penting untuk diperhatikan oleh penulis, yaitu :

  • Pendahuluan

Dalam sebuah pendahuluan, penulis dapat mengungkapkan topik atau tema yang akan dibahas di keseluruhuan essay. Unsur-unsur yang ada di dalamnya terdiri atas latar belakang dan argumentasi penulis mengenai tema yang akan dibahas secara lebih detail di bagian selanjutnya.

Pendahuluan adalah bagian pengantar yang nantinya akan dibaca oleh para pembaca agar bisa memahami topik yang akan dibahas sehingga mereka lebih mudah menelaah isi eesay.

  • Isi/Pembahasan

Isi atau pembahasan merupakan struktur dalam teks essay yang termasuk ke dalam bagian intinya. Di dalamnya berisi tentang penjelasan dari tema yang sudah dijabarkan di dalam struktur pendahuluan yang sebelumnya.

Pada bagian ini, tema essay kemudian dijelaskan lebih rinci lagi menggunakan bahasa argumentasi dan analisa penulis yang didukung dengan sejumlah data maupun fakta yang akurat. Penulis harus bisa menjabarkan argumentasinya secara kronologis dan berurutan sesuai dengan ide yang telah disusun dalam kerangka sehingga nantinya essay yang ditulis menjadi koheren.

  • Kesimpulan

Kesimpulan merupakan bagian terakhir dalam struktur penulisan essay. Struktur ini berisi tentang kesimpulan penulis terkait tema yang akan dibahasnya mulai dari bagian pendahuluan sampai ke bagian isi. Kesimpulan ini nantinya menjadi paragraf penutup atau bagian akhir essay.

Selain memuat kesimpulan dari tema yang sudah dibahas, struktur terakhir ini bisa juga diisi dengan saran penulis kepada para pembaca terkait tema yang sedang dibahas. Kesimpulan harus ditulis secara singkat, padat, dan sesuai dengan tema yang diangkat ke dalam essay.

Jenis-Jenis Teks Essay

Berbicara mengenai topik essay tentu saja ada beberapa jenis essay sesuai dengan tujuan penulisan. Berikut ini beberapa jenis essay yang perlu diketahui sebelum memulai penulisan teks essay.

  1. Essay deskriptif – Jenis essay yang isinya mendeskripsikan seseorang atau benda untuk menarik perhatian penulis.
  2. Essay argumentatif – Essay ini bertujuan untuk meyakinkan para pembaca melalui serangkaian argumen penulis terhadap isu atau permasalah yang diangkat.
  3. Tajuk – Tajuk ini membahas tentang isu yang sedang berkembang di dalam masyarakat.
  4. Essay cerita – Essay ini bertujuan untuk menuliskan ataupun menghadirkan barang, seseorang ataupun hal yang lainnya agar bisa dibayangkan oleh para pembaca.
  5. Cukilan watak – Dalam essay ini memungkinkn penulis bisa menjelaskan cukilan atau cuplikan watak seseorang terkait isu yang diangkat kepada para pembaca.
  6. Essay paparan – Jenis essay ini dituliskan bertujuan untuk menjelaskan lebih rinci terkait sebuah hal kepada para pembaca.
  7. Essay pribadi – Dalam jenis essay ini, penulis bercerita tentang dirinya sendiri.
  8. Essay reflektif – Essay jenis ini ditulis untuk merenungkan isu politik, kebijakan pemerintah, dan beberapa isu penting lainnya.
  9. Essay kritik – Essay ini berisi argument terhadap suatu karya seni.
  10. Artikel penelitian – Jenis essay ini berisi tentang hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian.

Contoh Essay Tajuk Cerita

Salah satu contoh essay yang secara umum akan banyak ditemukan adalah essay dalam bentuk tajuk cerita. Essay jenis ini mungkin akan lebih mudah kamu temui yang menjelaskan sebuah berita atau sebuah kejadian kasus. Simak contohnya berikut ini!

Kasus Korupsi di Indonesia

Kasus korupsi yang semakin hari semakin marak saat ini telah menyeret beberapa nama pejabat yang notabene masih berstatus pejabat aktif hingga mantan pejabat. Hal tersebut menciptakan kekecewaan yang cukup mendalam di hati para rakyat, pasalnya mereka telah memilih dengan keyakinan dan juga harapan.

Tak hanya itu saja, saat ini juga telah dibahas terkait beberapa pengampunan atas perbuatan keji yang dilakukan para koruptor yang menyebabkan ia dengan mudahnya terbebas dari hukumannya. Rakyat tentu sangat tidak setuju dengan adanya peraturan baru tersebut, kami berpendapat bahwa hal tersebut sangatlah tidak setimpal dengan perbuatan yang dilakukan.

Kami membutuhkan sebuah hukuman yang membuat para koruptor jera terhadap segala tindak dan perbuatannya. Buruknya sistem pemerintahan Indonesia dapat dilihat dari ketidakmampuan dalam mengatasi masalah korupsi yang telah menggurita sehingga menurunkan harapan rakyat terhadap para pemerintah.

Contoh Essay Deskriptif

Nama saya Renanda Pratiwi, saya lahir di Garut tanggal 02 Desember 1999. Banyak teman-teman mengatakan saya adalah pribadi yang keras kepala, tetapi juga menyenangkan dan baik hati. Saya memang bukan termasuk orang yang cerdas, namun saya bisa membantu banyak teman-teman saya.

Selama kuliah jurusan kebidanan ini, banyak yang saya petik hasilnya. Saya menjadi orang yang lebih sabar, disiplin, lebih gesit dalam melakukan sesuatu, dan belajar ikhlas menolong orang lain. Disini saya dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang baik untuk bisa mengetahui dimana kesalahan yang mungkin saya perbuat.

Terkait pengalaman saya berorganisasi dimulai dari bangku SMP. Saat ini saya terpilih sebagai wakil ketua OSIS di sekolah. Kegemaran dalam berorganisasi ini berlanjut sampai ke bangku perkuliahan. Selama kurang lebih dua periode waktu saya telah dihabiskan bersama Himpunan Mahasiswa Kebidanan (HIMABID).

 

Nah, demikian itulah mengenai essay dan contoh essay yang secara umum ada dalam bentuk deskriptip dan tajuk cerita. Essay merupakan sebuah contoh tulisan yang mungkin akan sering kita jumpai dalam bacaan bacaan tertentu sehari hari. Baik dalam berita media atau lainnnya.

You might like

About the Author: ead taam