San Diego Hills, Tempat Pemakaman Basofi Soedirman

103 Likes comments off

San Diego Hills merupakan area pemakaman yang mewah dan terkenal di Indonesia dengan lahan seluas 502 hektare. Namun karena harga yang relatif mahal maka lahan ini memang dikhususkan untuk kalangan atas. Bahkan ada kawasan yang didedikasikan untuk para pahlawan atau tokoh nasional, salah satunya adalah Basofi Soedirman.

Mengenal Basofi Soedirman

Mayor Jenderal TNI (Purn.) Moch. Basofi Soedirman adalah Gubernur Provinsi Jawa Timur yang menjabat dari tahun 1993 hingga 1998. Basofi Soedirman lahir dari pasangan bernama Soedirman yang merupakan ayahnya dan ibunya bernama Masrikah binti Syakur. Ia lahir di Bojonegoro, Jawa Timur pada tanggal 20 Desember 1940.

Karena pengaruh ayahnya, Basofi Soedirman sudah bercita-cita menjadi tentara sejak kecil. Setelah lulus SMA pada tahun 1960, Basofi melanjutkan studinya di Akademi Militer Nasional di AMN atau Akademi Militer Nasional di Magelang. Ia melanjutkan karir militernya setelah lulus dari AMN.

Ia menjabat sebagai pemimpin pasukan Komandan Detasemen Tempur dari tahun 1971 hingga 1972, komandan Batalyon 412 Brawijaya dari tahun 1973 hingga 1974, dan komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 18 / Kostrad dari tahun 1981 hingga 1983.

Basofi bahkan pernah menjabat sebagai Panglima Kodim 0824 / Jember mulai tahun 1977 hingga 1978, Asisten Teritorial Kodam IV / Brawijaya mulai tahun 1983 hingga 1984, dan Komandan Korem 083 / Baladhika Malang mulai tahun 1984 hingga 1986. Ia juga menjabat sebagai Komandan Kasda Kodam I / Bukit Barisan pada tahun 1986 hingga ia bergabung dengan markas ABRI.

Basofi bergabung dengan Seskoad pada 1978 dan Seskogab pada tahun 1979. Dari 1979 hingga 1981, dia menjadi dosen Seskoad. Jabatan Basofi Soedirman sebelum menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jawa Timur adalah Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, kemudian diangkat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta di bidang pemerintahan pada tahun 1987.

Pemakaman Basofi Soedirman di San Diego Hills

Basofi Soedirman meninggal dunia di Jakarta pada 7 Agustus 2017 pada usia 76 tahun. Kemudian Basofi Soedirman dimakamkan di San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat. San Diego Hills sendiri merupakan tempat pemakaman elit dan memiliki lingkungan yang sangat asri membuat pengunjung bisa merasa dan tenang saat datang berdoa.

Di San Diego Hills, tersedia lahan makam yang hanya memiliki 1 lubang untuk 1 orang atau lebih dari 10 orang yang cocok dipesan untuk keluarga besar. Tentu lebih murah membeli lahan makam secara besar untuk keluarga di unit tersebut.

Ada juga paket khusus untuk pasangan. Tidak hanya pemakaman di bawah tanah, San Diego Hills juga memiliki columbarium outdoor (Breath of Life) untuk tempat penyimpanan abu jenazah yang dikremasi. Bangunan ini dikelilingi oleh pemandangan yang menyejukkan dan juga bangunan kuat dan kokoh dari berbagai suhu dan cuaca. Dengan ini maka yang jenazahnya dikremasi dapat disimpan di sini.

Mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat yang banyak dengan beragam agama, suku, dan budaya, maka San Diego Hills menghadirkan tempat pemakaman untuk semua orang tanpa memandang agamanya. Uniknya, arsitektur pada area tertentu berdasarkan agamanya juga dibangun berdasarkan kaidah agama masing-masing.

Tidak lupa dengan berbagai fasilitas keluarga yang lengkap untuk mendukung ketenangan dan kenyamanan saat datang berziarah. Wajar jika harga lahan makam San Diego Hills tidak bisa dibilang murah karena semua hal yang ditawarkan. Bahkan San Diego Hills juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan tempat ini.

About the Author: ead taam